SKRIPSI

Penulis / NIM
AFANDI I OLANDJU / 911409028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K, M.Si / 0016026604
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak

ABSTRAK Afandi I. Olandju. 911 409 028. 2013, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Snowball Throwing pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X-E SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo” Skripsi. Konsentrasi  Pendidikan   Perkantoran   Program  Studi   Pendidikan   Ekonomi   Jurusan   Pendidikan   Ekonomi,   Fakultas   Ekonomi   dan   Bisnis,   Universitas   Negeri   Gorontalo.   Pembimbing   I   Bapak   Dr. H. Zuchri Abdusamad, M.Si dan Pembimbing II Ibu Radia Hafid, S.Pd., M.SiPelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowbal Throwing dalam pembelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X- E SMA Negeri 1 Tibawa kabupaten gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian berjumlah 29 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan  data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa.Sebagai kesimpulan dari hal penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, maka hasil belajar siswa akan meningkat dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 51,72% hasil observasi awal menjadi 62,06% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 82,76% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 60% siklus I menjadi 86,66% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat 52,17% siklus I menjadi 86,95% hasil siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe                     Snowball Throwing  

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011