Dr. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K, M.Si / 0016026604
ABSTRAK Afandi I. Olandju. 911 409 028. 2013, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X-E SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo” Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Perkantoran Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. Zuchri Abdusamad, M.Si dan Pembimbing II Ibu Radia Hafid, S.Pd., M.SiPelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowbal Throwing dalam pembelajaran Ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X- E SMA Negeri 1 Tibawa kabupaten gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian berjumlah 29 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa.Sebagai kesimpulan dari hal penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, maka hasil belajar siswa akan meningkat dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 51,72% hasil observasi awal menjadi 62,06% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 82,76% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 60% siklus I menjadi 86,66% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat 52,17% siklus I menjadi 86,95% hasil siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing