Penulis / NIM
						FATMAH DALUNGGU / 911409029
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
						Pembimbing 2 / NIDN
						IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
						Abstrak
						ABSTRAK
Fatmah Dalunggu, NIM. 911 409 029. 2013. Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Kelas X ADP  (Administrasi  Perkantoran) SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd, Pembimbing II : Irwan Yantu, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur adanya pengaruh yang signifikan adanya keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas X ADP(Administrasi Perkantoran) SMK Negeri 1 Limboto.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data utama yang digunakan yaitu  angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan  analisis regresi dan korelasional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) motivasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo berada pada klasifikasi sedang, b)  keterampilan guru dalam mengelola kelas  SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo berada pada klasifikasi sedang, c) terdapat pengaruh yang berarti antara motivasi belajar siswa dengan  Keterampilan guru dalam mengelola kelas  di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Dengan demikian  maka motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo dipengaruhi oleh keterampilan guru dalam mengelola kelasnya
Berdasarkan temuan di atas maka dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: 1) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru perlu berupaya semaksimal mungkin untuk .mengelola kelas dengan baik sehingga siswa merasa betah dan senang untuk belajar di kelas, 2) pengawas pendidikan perlu memfasilitasi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas  melalui kegiatan supervise yang dilaksanakan secara kontinu sehingga guru memiliki wawasan dan keterampilan tentang pengelolaan kelas yang baik, 3) peningkatan motivasi belajar siswa perlu selain memerlukan pengelolaan kelas yang baik juga perlu didukung dengan pengadaan sarana penunjang pembelajaran, sehingga suasana kelas menjadi kondusif dan siswa dapat belajar dengan nyaman.
Kata Kunci: Keterampilan Mengelola Kelas, Motivasi Belajar
						Download berkas