SKRIPSI

Penulis / NIM
MOH TOMI KOMENDANGI / 911409032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Mohamad Tomi Komendangi Nim 911 409 032 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Tari Bambu (Bamboo Dancing) Pada Mata Pelajaran MPA (Melakukan Prosedur Administrasi) di Kelas X ADP-2 SMK Negeri 1 Limboto”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd dan Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: “apakah Penggunaan Model Pembelajaran Tari Bambu (Bamboo Dancing) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran MPA (Melakukan Prosedur Administrasi) di Kelas X ADP-2 SMK Negeri 1 Limboto?” Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 30 orang siswa dengan 8 orang laki-laki dan 22 orang perempuan di Kelas X ADP-2 Pada mata pelajaran MPA (Melakukan Prosedur Administrasi). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Berdasarkan kegiatan observasi kegiatan guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Untuk observasi kegiatan guru mengalami peningkatan sebesar 6,67% yaitu dari 83,33% mejadi 90%, untuk observasi kegiatan siswa mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11,54% yaitu dari 76,92% menjadi 88,46%. Selanjutnya untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kegiatan observasi awal ke siklus I sebesar 30% yaitu dari 40% menjadi 70% pada siswa yang mendapat nilai ? 78. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa pula terjadi pada kegiatan siklus I ke siklus II sebesar 13,33% siswa yang mendapat nilai ? 78 yaitu dari 70% menjadi 83,33% dengan nilai rata-rata kelas dari 75,10 menjadi 80,13. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “Jika digunakan Model Pembelajaran Tari Bambu (Bamboo Dancing) pada mata pelajaran MPA (Melakukan Prosedur Administrasi), maka hasil belajar siswa siswa Kelas X ADP-2 SMK Negeri 1 Limboto akan meningkat”, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima. Mengacu pada hasil penelitian di atas maka peneliti merekomendasikan beberapa saran yaitu: 1) Dalam proses pembelajaran, guru hendaknya dapat memilih dan menganalisa model dan pendekatan pembelajaran yang tepat, serta tidak hanya berpatokan pada satu pendekatan pembelajaran saja. dan 2) Dari hasil penelitian ini, model pembelajaran tari bambu (Bamboo Dancing) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, oleh sebab itu guru perlu menerapkan model pembelajaran ini dalam kegiatan belajar mengajar Kata Kunci : Model Pembelajaran Tari Bambu (Bamboo Dancing), Hasil Belajar Siswa. ABSTRACT Mohamad Tomi Komendangi. Student’s ID 911 409 032 “ Increasing Student’s Learning Achievement through the Applying of Bamboo Dancing Learning Model on Administration Procedure Subject at Class X ADP-2 of SMK Negeri 1 Limboto”. Study Program of Economics Education, Department of Economics Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Gorontalo. It was supervised by Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd as the principal supervisor and Radia Hafid, S.Pd, M.Si as the co-supervisor. The research was conducted regarding problem statements: “ whether or not the application of Bamboo Dancing learning model can increase student’s learning achievement on administration procedure subject at class X ADP-2 SMK Negeri 1 Limboto?” Research method applied classroom action research as samples amounted 30 students(4 males and 26 females at class X ADP-2 on Administration Procedure subject). Based on the research result, it consisted of 2 cycles such as the first and second cycle. In observation phase of teacher’s activity and student’s activity, it increased within the first and second cycles. Teacher’s activity increased 6,67% as elaborated from 83,33% to 90% and teacher’s activity increased 11,54% as elaborated from 76,92% to 88,46%. Furthermore, student’s learning achievement increased 30% as clarified from 40% to 70% who gained ? 78 from initial observation to the first cycle. And student’s learning achievement increased 13,33% as clarified from 70% to 83,33% who gained ? 78 by class average value 75,10 – 80,13. Research hypothesis mentioned “if Bamboo Dancing learning method is applied on Administration Procedure subject, student’s learning achievement of class X ADP-2 SMK Negeri 1 Limboto will increase” was correct and acceptable. Referring to the above results, the researchers recommend a few suggestions: 1) In the learning process, teachers should be able to select and analyze the model and approach appropriate learning, and not just sticking to one learning approach alone. and 2) From the results of this study, learning model bamboo dance (Dancing Bamboo) can improve student learning outcomes, and therefore teachers need to apply this learning model in teaching and learning activities Keywords: Bamboo Dancing Learning Model, Student’s Learning Achievement
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011