SKRIPSI

Penulis / NIM
FIDYA L. HIMINGGILO / 911409033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ARIFIN TAHIR, M.Si / 0026085605
Pembimbing 2 / NIDN
TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Abstrak
ABSTRAK FIDYA HIMINGGILO,2013. Skkripsi ini yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Pada Kelas XI di SMA Negeri 1 Bongomeme Kabupaten Gorontalo dengan menggunakan metode Inquiry ”. Jurusan Pendidikan Ekonomi Prog.Studi Pendidikan Prkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bpk. Dr.Arifin Tahir,Msi selaku pembimbing I dan ibu Tineke Wolok,ST,MM selaku pembimbing II. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui ,etode pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran ekonomi dengan materi profesi akuntansi. Bertitik tolak dari rumusan masalah diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mngetahui “ Apakah metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada matapelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri 1 Bongomeme “. Penelitian ini dilaksnakan dalam 2 siklus,dan istrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan kegiatan guru,lembar pengamatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Hasil siklis I yang mencapai ketuntasan sebesar 66,66% atau 25 siswa dengan rata-rata 73,47% dan siklus II mencapai ketuntasan sebesar 86,11% atau 31 siswa dengan rata-rata kelas 83,89%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan telah terpenuhi. Jadi pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II terdapat peningkatan pada siklus belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Inquiry. Dengan menggunakan metode pembelajaran (Inquiry) yang tepat maka akan menambah hasil belajar siswa pada mata pelajaran,khususnya pada mata pelajaran Ekonomi yang berada di SMA Negeri 1 Bongomeme dapat meningkat dan dapat diterima. Kata kunci : Hasil Belajar,dan Inquiry
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011