SKRIPSI

Penulis / NIM
IRYAN BOKINGO / 911409034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. WALIDUN HUSAIN, M.Si / 0003085505
Pembimbing 2 / NIDN
DJOKO LESMANA RADJI, S.Pd, M.Si / 0030017901
Abstrak
ABSTRAK Iryan Bokingo NIM 911 409 034 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 1 Tapa Skipsi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2013. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII-3 SMP Negeri 1 Tapa Sementara itu yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-3 SMP Negeri 1 Tapa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Peneliti berprofesi sebagai pelaksana tindakan, yakni melakukan kegiatan pengajaran dengan diawasi oleh guru mitra Sementara itu data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dikemukakan kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu di kelas VII-3 SMP Negeri 1 Tapa yang dapat dijelaskan sebagai berikut 1) Pengelolaan pembelajaran mengalami peningkatan kualitas Pada siklus I pengelolaan Observasi guru hanya mencapai 66,67% Nanti setelah dilakukan perbaikan pada siklus II maka angka ini mengalami peningkatan menjadi 100% Adapun aspek-aspek yang diperbaiki sehingga mencapai 100 % adalah sebagai berikut penyampaian apersepsi penyampaian aturan penggunaan media memandu siswa dalam mengoperasikan media pembelajaran dan meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran. 2) Aktifitas belajar siswa mengalami peningkataan kualitas Pada siklus I aktifitas belajar siswa hanya mencapai 47,82% setelah diadakan perbaikkan pada siklus II maka angka ini mengalami peningkatan menjadi 100% Adapun aspek-aspek yang diperbaiki sehingga mencapai 100% adalah sebagai berikut aktifitas mencatat materi aktifitas mengerjakan soal aktifitas bertanya dan aktifitas mengoperasikan media 3) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I siswa yang tuntas pada tahap evaluasi sebanyak 15 orang atau hanya 64% dengan rata-rata nilai sebesar 73 setelah dilakukan penyempurnaan pada siklus II maka siswa yang tuntas sebanyak 21 orang atau 80% dengan rata-rata nilai sebesar 80,4 Angka ini berarti bahwa pelaksanaan tindakan pada siklus II sudah berhasil karena capaiannya sudah berada di atas 75% Kata kunci: hasil belajar siswa JIGSAW
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011