SKRIPSI

Penulis / NIM
NOVIYANTI SUNGA / 911409035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Abstrak
ABSTRAK Noviyanti Sunga. 911409035. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas negeri gorontalo. 2013. Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning dengan tipe Numbered Head Together pada materi piutang wesel mata pelajaran akuntansi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X akuntansi 3 SMK Negeri 1 Limboto?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel input, variabel proses, dan variabel output. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan hasil belajar. Dan untuk teknik analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learning dengan tipe numbered head together. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X akuntansi 3 SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 29 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran akuntansi. Data hasil penelitian ini diperoleh dari wawancara kepada guru mata pelajaran, melakukan observasi pada kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan pemberian tes hasil belajar pada akhir pembelajaran. Data hasil penelitian ini menunjukaan bahwa siswa yang memperoleh hasil belajar 75 ke atas meningkat dari 41,37% hasil observasi awal menjadi 58,62% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 82,75% hasil siklus II, dan hasil pengamatan kegiatan guru yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 73,33% siklus I menjadi 96,66% pada siklus II, selain itu, hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat 60,86% siklus I menjadi 95,64% hasil siklus II. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learning dengan tipe Numbered Head Together pada materi piutang wesel mata pelajaran akuntansi kelas X akuntansi 3 SMK Negeri 1 Limboto Kabupate Gorontalo akan meningkat dan dapat terbukti. Kata kunci : Hasil Belajar, model cooperative learning, dan tipe numbered head together (NHT)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011