Penulis / NIM
NUR AIN TOI / 911409040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
SRIE ISNAWATY PAKAYA, S.Pd, M.Si / 0014057203
Abstrak
ABSTRAK
Nur Ain Toi, 911 409 040. "Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunanan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Model Pembelajaran Konvensional". (Suatu Penelitian Pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X di SMK 1 Limboto). Konsentrasi Pendidikan Akuntansi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo, 2014. Di bawah bimbingan Bapak Drs. Hamzah Yunus, M.Pd dan Ibu Isnawaty Pakaya, M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui penggunanan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model p[embelajaran konvensional. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas X akuntansi 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X akuntansi 1 sebagai kelas control di SMK 1 Limboto yang masing-masing berjumlah 29 orang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dan metode pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini peneliti menerapkan metode eksperimen. Hal ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi yang ada pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Hasil Belajar dan Model Pembelajaran
Download berkas