SKRIPSI

Penulis / NIM
ADRIANTO HUSAIN / 911409048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
IDHAM MASRI ISHAK, SE, M.Si / 0023047702
Abstrak
ABSTRAK ADRIANTO HUSAIN, Nim 911409048 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas VIII B SMP Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo tahun 2013. Dibawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd selaku bimbingan satu dan Bapak Idam M. Ishak, SE., M.Si selaku bimbingan II. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Devision) pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII B SMP Negeri 1 Tilamuta. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Dengan memberikan niali dan hasil belajar siswa berdasarkan indikator belajar. Hasil observasi dan aktivitas mengajar dianalisis dengan menggunakan tehnik deskriftip kualitatif yang menggambarkan dengan kata-kata atau kalimat, dipisah-pisah menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yaitu pada siklus I yang memperoleh nilai diatas 75 sebesar (66,66%) atau 14 orang siswa. Namun hasil tersebut belum mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 75%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capain siswa yang memperoleh nilai diatas 75 sebesar (80,95%) atau 17 orang siswa. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Jika guru menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) maka hasil belajar siswa meningkat, Siswa yang memperoleh nilai minimal 7,5 pada mata pelajaran ekonomi di kelas VIII B SMP Negeri 1 Tilamuta meningkat dari 47,62% menjadi 80%. Kata kunci: hasil belajar siswa dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division).
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011