Penulis / NIM
SRI PEBRIANI KALAPATI / 911409050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Sri Pebriani Kalapati, NIM 911 409 050. "Meningktkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Inquiry Pada Mata Pelajran IPS Ekonomi Di SMA Negeri 2 Gorontalo ". Skripsi . dibawah ini bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd Dan Ibu Melizubaida Mahmud S.Pd, M,Si. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Dan Universitas Negeri Gorontalo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan apakah dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian adalah "jika menggunakan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran IPS, maka hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 gorontalo akan meningkat". Dengan indikator penelitian : dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 75 akan meningkat dari 67.74% menjadi 85%.
Hasil belajar siswa yang belum sesuai terget yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan peyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II yang menunjukan bahwa dari 31 siswa di kelas X-7 SMA Negeri Gorontalo tahun 2013/2014 yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas terdapat 23 orang siswa (74.20%) dengan rata-rata 87.10%. berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry pada mata pelajaran IPS dapat meningkat hasil belajar siswa.
Kata kunci : hasil belajar siswa, Metode Pembelajaran Inqury
Download berkas