Penulis / NIM
BUGIARGO KEMME / 911409052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
Bugiargo Kemme. 911409052. 2013, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII-1 SMP Negeri 6 Gorontalo” Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd.
Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat ditingkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII-1 SMP Negeri 6 Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian berjumlah 36 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan tes. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian prestasi belajar.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: jika guru menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII-1 SMP Negeri 6 Gorontalo maka Hasil Belajar Siswa akan meningkat, dapat diterima karena didukung dengan hasil tindakan dan analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 55,56% hasil observasi awal menjadi 61,11% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 86,11% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 64,71% siklus I menjadi 94,12% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 57,14% siklus I menjadi 85,71% hasil siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
Download berkas