SKRIPSI

Penulis / NIM
HADIJA KARSIMAN UMAR / 911409057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr IRAWATY IGIRISA, M.Si / 0028097104
Abstrak
ABSTRAK Hadija Karsiman Umar. 911409057. 2013. skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperatif tipe numbered heads together (NHT) Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X.4 SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui upaya guru dalam melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X.4 di SMA Negeri 2 Gorontalo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel input, variabel proses, dan variabel output. Prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa jenis data, instrumen pengumpulan data dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 29 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini hasil penelitian ini menunjukaan bahwa siswa yang memperoleh hasil belajar 75 ke atas meningkat dari 59% hasil observasi awal menjadi 62,06% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 79.31% hasil siklus II, dan hasil pengamatan kegiatan guru yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 73,33% siklus I menjadi 100% pada siklus II, selain itu, hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat 43,48% siklus I menjadi 100% hasil siklus II. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi akan meningkat dan dapat terbukti. Kata kunci : Hasil Belajar,model pembelajaran, numbered heads together.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011