SKRIPSI

Penulis / NIM
ANITA LUMENTA / 911409059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
Anita Lumenta. Nim 911 409 059. 2013. Komparasi Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Drill Dan Metode Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 2 Gorontalo). SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hamzah Yunus, M.Pd, dan Pembimbing II Meyko Panigoro S.Pd, M.Pd. Pelaksanaan Penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah. Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi melalui penggunaan metode pembelajaran Kontekstual dan metode pembelajran Drill di SMA Negeri 2 Gorontalo. Hipotesis penelitian adalah Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Drill dan metode pembelajaran Kontekstual di SMA Negeri 2 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen Two Group Post-Test dan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekhnik Clauster Random sampling, sampel dalam penelitian berjumlah 58 orang dan telah diuji homogenitas varian dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Drill dan metode pembelajaran Kontekstual. Hal ini dibuktikan dengan terlebih dahulu melakukan pengujian terhadap homogenitas varians pada Variabel X1 ( Hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Drill ). Dari hasil pengujian yang telah dilakukan maka variabel X1 maupun X2 diterims dengan yang ditunjukan dengan perolehan rata-rata X1 sebesar 168,10 dan X2 sebesar 144,34. Dengan kata lain hasil siswa yang menggunakan metode pembelajaran Drill lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Kontekstual. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan hasil nilai mutlak t hitung sebesar 5,95. Karena nilai signifikan yang diperoleh jauh lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Drill dan metode pembelajaran Kontekstual. Kata kunci : Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Metode Pembelajaran Drill dan Metode Pembelajaran Kontekstual.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011