Penulis / NIM
MEYLAN MAYANGO / 911409063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK
Meylan Mayango. "Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kabila)". Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I (Meyko Panigoro, S.Pd. M.Pd), dan pembimbing II (Drs. Rusli Isa, M.si)
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMP Negeri 1 Kabila?.Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPSTerpadu dikelas VII SMP Negeri 1 Kabila.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis menggunakan uji statistik yang terlebih dahulu perludilakukan normalitas data terhadap data penelitian, selanjutnya menggunakan pengujian hipotesis akan digunakan analisis statistik parametrik secara regresi dan korelasi. Dari hasil pengujian normalitas data yang telah dilakukan, maka baik variabel X maupun variabel Y benar-benar normal dan diterima. Dari analisis data yaitu analisis regresi dan korelasi diperoleh persamaan regresi dan hipotesis = 53.44 + 0,37x hal ini berarti bahwa setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel X (DisiplinBelajar), maka akan diuji oleh perubaan rata-rata variabel Y ( Hasil belajar siswa) sebesar 0,37 unit, dengan asumsi kedua variabel linier dan berarti. Sedangkan pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisien korelasi r2 = 0,79 dan koefisien determinasi r2 = 0.6241 atau 62.81%. Hasil pengujian keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung lebih besar dari tdaftar dan berada diluar penerimaan Ho. Dengan demikian, dapat dikatakan Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabila, dapat diterima.
Kata Kunci: Disiplin Belajar dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas