Penulis / NIM
SISKA USULU / 911409067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK
Siska Usulu. NIM : 911 409 067. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran IPS ((Penelitian Pada Kelas X MM1 SMK Negeri 1 Gorontalo). Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2013. Di bawah bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd, dan Ibu Robiyati Podungge, S.Pd, M.AP.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MM1 SMK Negeri 1 Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MM1 SMK Negeri 1 Gorontalo khususnya pada mata pelajaran IPS sejarah melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang dilakukan secara bersiklus. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata-rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MM1 SMK Negeri 1 Gorontalo tahun pelajaran 2012/2013 pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 45,16% menjadi 93,55% atau rata-rata kelas 7,097 pada siklus I menjadi 8,258 pada siklus II. Sehingga hipotesis yang berbunyi “ Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, maka hasil belajar siswa kelas X MM1 pada mata pelajaran IPS di SMK Negeri 1 Gorontalo akan meningkat”, dinyatakan dapat diterima.
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, oleh sebab itu guru perlu menggunakan model pembelajaran STAD dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar dan Kooperatif tipe STAD.
Download berkas