Penulis / NIM
SUPARTI / 911409071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
SUPARTI. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Mata Pelajaran Produktif Akuntansi I Di SMKN I Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Agil Bachsoan, S.Ag, M.Ag.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Produktif Akuntansi I melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group investigation. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru, kegiatan siswa dan lembar tes. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN I Gorontalo, Siswa yang ditetapkan sebagai obyek penelitian yaitu siswa kelas X Ak1 dengan jumlah siswa 35 orang, laki-laki berjumlah 8 orang dan perempuan 27 orang.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa “Jika digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada mata pelajaran Produktif Akuntansi I maka hasil belajar siswa akan meningkat’’ hal ini telah teruji dan dapat diterima karena didukung dengan hasil anallisis data : (1) hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,6% atau 24 orang yang memperoleh nilai 75 keatas sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 82,86% atau 29 orang yang memperoleh nilai diatas 75. (2) untuk hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik meningkat dari 66,66% siklus I dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. (3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik meningkat dari 65,22% siklus I menjadi 82,6% siklus II.
Kata kunci : Hasil belajar siswa dan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI)
Download berkas