SKRIPSI

Penulis / NIM
SUPARTI / 911409071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
SUPARTI. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Mata Pelajaran Produktif Akuntansi I Di SMKN I Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Agil Bachsoan, S.Ag, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Produktif Akuntansi I melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group investigation. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru, kegiatan siswa dan lembar tes. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN I Gorontalo, Siswa yang ditetapkan sebagai obyek penelitian yaitu siswa kelas X Ak1 dengan jumlah siswa 35 orang, laki-laki berjumlah 8 orang dan perempuan 27 orang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa “Jika digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation pada mata pelajaran Produktif Akuntansi I maka hasil belajar siswa akan meningkat’’ hal ini telah teruji dan dapat diterima karena didukung dengan hasil anallisis data : (1) hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,6% atau 24 orang yang memperoleh nilai 75 keatas sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 82,86% atau 29 orang yang memperoleh nilai diatas 75. (2) untuk hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik meningkat dari 66,66% siklus I dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. (3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk kategori Sangat Baik dan Baik meningkat dari 65,22% siklus I menjadi 82,6% siklus II. Kata kunci : Hasil belajar siswa dan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011