Penulis / NIM
RISNAWATY LAHIYA / 911409073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
ABSTRAK
Risnawati Lahiya. 911409073. Meningkatkan Kemampuan Siswa Melalui Model
Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Piutang Mata
Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri I Limboto. Skripsi. Program
Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi
dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Di bawah bimbingan Bapak
Imran R. Hambali, S.Pd., S.E., M.SA selaku Pembimbing I dan Ibu Badriyyah
Djula, S.Pd, M.Pd. selaku Pembimbing II.
Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah apakah kemampuan belajar siswa
akan meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Creative Problem
Solving (CPS) pada materi piutang mata pelajaran akuntasi kelas X Akuntansi3
SMK Negeri 1 Limboto ?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas (PTK). Dimana dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel
input, variabel proses, dan variabel output. Prosedur penelitian terdiri dari tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, dan
tahap analisis dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa
wawancara, observasi dan pemberian tes. Dan untuk teknik analisis data
dilakukan dengan cara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian hasil
belajar.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan
siswa melalui model pembelajaran creative problem solving (CPS). Subyek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri I Limboto
yang berjumlah 28 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran
akuntansi. Data hasil penelitian ini diperoleh dari wawancara kepada guru mata
pelajaran, melakukan observasi pada kegiatan guru dan siswa dalam proses
pembelajaran dan pemberian tes hasil belajar pada akhir pembelajaran. Data
hasil penelitian ini menunjukaan bahwa siswa yang memperoleh hasil belajar 75
ke atas meningkat dari 35,71% hasil observasi awal menjadi 57,14% hasil siklus I
dan meningkat lagi menjadi 78,57% hasil siklus II, dan hasil pengamatan
kegiatan guru yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat
dari 76,67% siklus I menjadi 100% pada siklus II, selain itu, hasil pengamatan
kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat
50,00% siklus I menjadi 88,46% hasil siklus II. Dengan demikian hipotesis yang
berbunyi meningkatkan kemampuan siswa melalui model pembelajaran creative
problem solvinng (CPS) pada materi piutang mata pelajaran akuntansi kelas X
Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Limboto akan meningkat dan dapat terbukti.
Kata kunci : Kemampuan Siswa dan Creative Problem Solving (CPS)
Download berkas