SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD EFROM NORMANSYAH / 911409074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
ROBIYATI PODUNGGE, S.Pd., MAP / 0020058003
Abstrak
ABSTRAK Moh Efron Normansyah.2013, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model PembelajaranKooperatifTipe Snowball Throwing (ST) Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 4 Kota Gorontalo”. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2013. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah “apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 4 Kota Gorontalo pada mata pelajaran akuntansi”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian berjumlah 21 orang. Variable penelitian terdiri dari variable input, proses dan output. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, dan analisis refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan pada saat proses pembelajaran yakni lembar kegiatan guru dan lembar kegiatan siswa kemudian pada saat akhir pembelajaran dilakukan tes hasil belajar siswa. Sebagai simpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi “Jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing (ST) pada mata pelajaran produktif akuntansi dikelas XI SMK Negeri 4 Kota Gorontalo maka hasil belajar akan meningkat” dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 38,09% hasil observasi awal menjadi 57,14% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 80,95% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 53,33% pada siklus I menjadi 83,34% pada siklus II, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 43,47% pada siklus I menjadi 82,60% pada siklus II.Dengan penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan oleh pihak sekolah untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada saat pembelajaran. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011