Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Emilia Putri Saleh. 2013. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII SMA Prasetya Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Salma Z. Bowtha, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XII SMA Prasetya Kota Gorontalo.Penelitian ini menggunakan disain metode kuantitatif. Sebagai variabel independen adalah Gaya Mengajar Guru, sedangkan variabel dependen adalah Motivasi Belajar Siswa. Sampel penelitian berjumlah 99 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, Angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana.Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah: Hasil perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan regresi = 9.035+0.733X, yang berarti jika variabel Gaya Mengajar Guru (X) naik satu satuan, maka Motivasi Belajar Siswa (Y) akan mengalami kenaikan sebesar 0,733 satuan. Selain itu Hasil analisis data menunjukkan pada koefisien determinasi sebesar 0,647 atau 64.7 %, artinya besarnya kontribusi Gaya Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa sebesar 64.7%, sementara 35.3 % disebabkan oleh faktor lain yang tidak didesain dalam penelitian ini.Kata Kunci: Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa