SKRIPSI

Penulis / NIM
FERDI ILATUA / 911409083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
DJOKO LESMANA RADJI, S.Pd, M.Si / 0030017901
Abstrak
Ferdi Ilatua 911 409 083. 2013, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Kelas X ADP³ SMK Negeri 1 Limboto” Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Perkantoran, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Bapak, Djoko L. Radji, S.Pd, M.si Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada Mata pelajaran Kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X ADP³ SMK Negeri 1 Limboto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian berjumlah 32 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: Jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Phair Share pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Kelas X ADP³, Maka hasil belajar siswa akan meningkat. dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 43.75% hasil observasi awal menjadi 56.25% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 84.37% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 60.00% siklus I menjadi 86.67% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat 53.84% siklus I menjadi 84.61% hasil siklus II. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011