Penulis / NIM
FAHRIAN RAJAK / 911409085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
IDRIS YANTO NIODE, S.Pd, MM / 0026107802
Abstrak
ABSTRAK
Fahrian Rajak 2013 meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kewirausahaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe the student teams achievement division (STAD) di kelas XI Administrasi perkantora 3 SMK Negeri 1 Limboto Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo 2013 Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah Apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada XI Administrasi perkantoran 3 di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontato Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Limboto pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 3 dengan Hipotesis tindakan adalah Jika digunakan Model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) pada mata pelajaran kewirausahaan di kelas XI Administrasi Perkantoran 3 SMK Negeri 1 Limboto maka akan meningkatkan hasil belajar peserta didik akan meningkat Sebagai simpulan dari penelitian ini adalah telah terjadi peningkatakan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 3 SMK Negeri 1 Limboto Hal ini diuraikan dengan data sebagai berikut 1) Hasil belajar siswa pada siklus I telah meningkat menjadi 55 17% dan siklus II telah meningkat menjadi 83 33% sehingga dapatlah disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi Jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) pada mata pelajaran kewirausahaan di kelas XI Administrasi Perkantoran 3 SMK Negeri 1 Limboto maka hasil belajar peserta didik akan meningkat dengan indikator kinerja kegiatan belajar mengajar yang memperoleh baik dan tidak baik diharapkan mnjadi 80%
Kata Kunci Belajar dan Pembelajaran hasil belajar siswa
Download berkas