SKRIPSI

Penulis / NIM
KARMILA H AHMAD / 911409087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
HERWIN MOPANGGA, SE, M.Si / 0024037803
Abstrak
ABSTRAK Karmila H. Ahmad Nim 911 409 087 “Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Muhammadiyah Sidomuyo Kabupaten Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonmi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd, dan Bapak Herwin Mopangga, SE, M.si. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Pengaruh Keterampilan Mengadakan Variasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Muhammadiyah Sidomuyo Kabupaten Gorontalo”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel berjumlah 29 orang. Yang menjadi identifikasi masalah adalah sebagai berikut: rendahnya variasi suara guru dalam menyampaikan materi pelajaran, rendahnya variasi dalam penggunaan media dan alat pengajaran, pola interaksi dengan siswa dalam proses pembelajaran masih rendah, motivasi siswa dalam menerima materi pelajaran belum sebagaimana diharapkan, hasil belajar siswa masihr elatif rendah. Berdasarkan pengolahan data dalam penelitian ini bahwa perhitungan koefisien regresi dengan menggunakan uji t diperoleh t_hitung > t_tabel telah berada di luar daerah penerimaan H0, atau menolak H0 dan meneriman H1 sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien regresi keterampilan mengadakan variasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka peneliti dapat memberikan beberapa rekomendasi kontributif sebagai berikut: Bagi pemimpin MTs. Muhammadiyah Sidomulyo Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo beserta staf pendidik agar kiranya dapat meningkatkan keterampilan mengadakan variasi dalam kegiatan belajar mengajar agar hasil belajar siswa dapat meningkat atau sesuai dengan yang diharapkan, kepada para peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian diharapkan dapat menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga dapat menambah wawasan lebih luas. Kata Kunci :Keterampilan Mengadakan Variasi, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011