SKRIPSI

Penulis / NIM
FAHRUDIN A. RAHIM / 911409088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
LA ODE RASULI, S.Pd., SE., MSA / 0007057701
Abstrak
ABSTRAK Fahrudin A. Rahim. NIM. 911 409 088. 2014. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Discovery Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 4 Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Bapak La Ode Rasuli, S.Pd., SE., MSA selaku Pembimbing II. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Pembelajaran Discovery pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS-3 SMA Negeri 4 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel input, variabel proses, dan variabel output. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan lembar pengamatan kegiatan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-3 SMA Negeri 4 Gorontalo yang berjumlah 35 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan proses pembelajaran dan kegiatan belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa dapat ditunjukan pada siklus I hasil belajar siswa, dari hasil analisis yang digunakan, siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran ekonomi pada materi Neraca Pembayaran, dari 35 siswa yang dikenakan tindakan, 23 siswa yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai 7,5 ke atas atau (65,71%) dan yang mendapat nilai 7,5 ke bawah (34,29%) yaitu sebanyak 12 orang siswa, sedangkan pada siklus II dimana dari 35 orang siswa yang dikenakan tindakan, 33 diantaranya mendapat nilai 7,5 ke atas atau (94,29%) sedangkan yang mendapat nilai 7,5 ke bawah (5,71%) sebanyak 2 orang siswa. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi Jika diterapkan Model Pembelajaran Discovery pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS-3 SMA Negeri 4 Gorontalo, akan meningkat dan dapat diterima. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS-3 SMA Negeri 4 Gorontalo.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011