SKRIPSI

Penulis / NIM
YULAN KAHARU / 911409091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
SRIE ISNAWATY PAKAYA, S.Pd, M.Si / 0014057203
Abstrak
ABSTRAK Yulan Kaharu, 2013. ”Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Ap SMK Gotong Royong Kab.Gorontalo ”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Dr.H.Rosman Ilato,M.Pd dan Ibu Srie Isnawaty Pakaya,S.Pd,M.Si Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah penelitian apakah terdapat pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar siswa kelas X AP 1 SMK Gotong Royong pada mata pelajaran Kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Variabel penelitian terdiri dari variabel X pembelajaran kontekstual dan variabel Y motivasi belajar siswa. Sampel penelitian 30 orang. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi “Terdapat pengaruh yang positif pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar siswa” dapat diterima, hal ini dibuktikan dengan hasil Persamaan linier ? = 32,26 + 0,39X yang berarti bahwa setiap kenaikan satu skor pembelajaran kontekstual (X) dapat menyebabkan kenaikan skor motivasi belajar siswa (Y) sebesar 0,39 pada constant 32,26, Serta hasil hasil Uji Lineritas dan Keberatian yang menyatakan bahwa hasil persamaan regresi linear dan berarti. Selain itu hasil pengujian koefisien determinasi sebesar r2 = 0,1369, yang hal ini menunjukkan bahwa sebesar 13,69% variasi yang terjadi pada motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh pembelajaran kontekstual. Untuk lebih meningkatkan motivasi belajar siswa, guru harus lebih kreatif dalam kegiatan pembelajaran, guru dapat menggunakan media pembelajaran yang ada untuk menarik perhatian siswa. Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual dan Motivasi Belajar ? ABSTRACK Yulan kaharu .2013.”The Effect of Contextual Learning on Enterpreneurship towaard Student’s Learning Motivation of X AP SMK Gotong Royong of Gorontalo District”.Study Program of Office Economy Education , Departemen of Economics Education, Faculty of Economics and Busines, Universitas Negeri Gorontalo. The principal supervisor was Dr. H.Rosman Ilato, M.Pd and the cosupervisor was Srie Isnawaty Pakaya, S.Pd, M.Si. This research was based on the problem research whether there is an effect of contextual learning toward student’s learning motivation Of X AP of SMK Gotong Royong of Gorontalo District on enterpreneurship subject. Method of the research applied quantitative method. Variables of research consisted of X variable, contextual learning, and Y variable, student’s learning motivation. Sample of research were 30 people. Technique of analyzing the data applied simple regresion analyziz method. To sum up, the hypothesis of research which stated “there is a positive effect of contextual learning toward student’s learning motivation” was accepted. It was proven by the result of linier equation of ? = 32,26 + 0,39X which meant that every the increasing of one score of contextual learning (X) can increase the score of student’s learning motivation (Y) as 0,39 at the constant of 32,26. In addition, the result of liniarity and significant the showed that the linear regresision = 0.1369, meant that 13,69% of variation that appeared in student’s learning motivation was affected by the contextual learning. In increasing student’s learning motivation, teacher, should be more creative in learning process also use learning media to attract student’s attention. Keywords : contextual learning and learning motivation
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011