Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
ABSTRAKWatiman, 911 409 092. “Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Presatasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa” Skripsi.Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis,Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Ibu Dra. Hj. Salma Bowotha., M.Pd dan Ibu Robiyati Podungge. S.Pd., M.APPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Bimbingan Belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa.Metode yang digunakan pada pelaksanaan penelitian adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data mengunakan analisis regresi sederhana. Dengan jumlah sampel 30 orang.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa,yang di tunjukan oleh persamaan regresi linear Y = 70.91 + 0.19. Hal itu berarti bahwa setiap kenaikan skor bimbingan belajar (X) dapat menyebabkan kenaikan skor prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0.19 pada 70.91.sedangkan hasil pengujian hipotesis dapat dilihat bahwa hipotesis penelitian dengan harga koefisien korelasi data r²=0.4010, hal ini menunjukan bahwa 16.08% prestasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh bimbingan belajar.Pada pegujian koefisien korelasi thitung (2.31) lebih besar dari ttabel (1.70) dengan demikian Ho ditolak dan Ha dapat menerima sehingga dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis penulis yang berbunyi:“Terdapat Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belejar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa” dapat diterima.Kata Kunci : Bimbingan Belajar dan Prestasi Belajar Siswa