Penulis / NIM
SARLIN K. DAI / 911409096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
LA ODE RASULI, S.Pd., SE., MSA / 0007057701
Abstrak
ABSTRAK
Sarlin K. Dai. 911409096. 2013. Skripsi. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Menggunakan LKS Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan LKS pada mata pelajaran Akuntansi di kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Tilamuta Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel input, variabel proses, dan variabel output. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan lembar pengamatan kegiatan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-3 SMA Negeri 1 Tilamuta yang berjumlah 29 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran akuntansi.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memperoleh hasil belajar 75 ke atas meningkat dari 41,38% hasil observasi awal menjadi 58,62% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 82,76% hasil siklus II, dan hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 70,00% siklus I menjadi 96,67% pada siklus II, selain itu, hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat 52,17% siklus I menjadi 86,96% hasil siklus II. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi Jika diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan LKS (lembar kerja siswa) maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas XI IPS3 di SMA Negeri 1 Tilamuta akan meningkat dan dapat diterima.
Kata kunci: Hasil Belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD).
Download berkas