SKRIPSI

Penulis / NIM
NANES DARISE / 911409099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
Nanes Darise. 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di kelas XI Pemasaran-1 SMK Negeri I Gorontalo” Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Tata Niaga Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Hj. Irawati Abdul, SE., M.Si. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada pembelajaran Kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI Pemasaran-1 SMK Negeri 1 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian berjumlah 31 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: Jika guru menggunakan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Kelas XI Pemasaran-1, maka hasil belajar siswa akan meningkat dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar atau memperoleh nilai KKM 75 meningkat dari 41.94% hasil observasi awal menjadi 61.29% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 83.87% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 60.00% siklus I menjadi 83.33% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat 56.51% siklus I menjadi 82.6% hasil siklus II. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa Dan Metode Demonstrasi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011