Penulis / NIM
NUR HANDAYANI S. / 911409101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
Nur Handayani.s , 2013. ”Pengaruh Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntasi Di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dra. Irina Popoi, S.pd.,M.Si dan Radia Hafid, S.pd., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan belajar siswa di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik melalui uji regresi dan uji korelasi. Dari analisa data tersebut di peroleh persamaan regresi dan hipotesis ? = 28,48+ 0,47X, yang berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel X (Lingkungan Belajar Siswa) maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (Motivasi Belajar Siswa) sebesar 0,47 unit, dengan asumsi kedua variabel linear dan berarti sedangkan pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisien korelasinya r = 0,64 dan koefisien determinasi r2 = 0,1325 atau 13.25%.
Dalam pengujian keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung lebih besar atau sama dengan tdaftar (1.82? 1.72) dan diluar penerimaan H0. Dengan demikian, dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif antara lingkungan belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa di kelas X akuntansi di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa guru ,harus menggunakan media lingkungan untuk membangkitkan semangat siswa dalam pembelajaran sehingga pencapaian tujuan pembelajaran dapat tercapai
Kata Kunci : Lingkunga Belajar Sisiwa dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas