Penulis / NIM
RISNAWATI LADJI / 911409102
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ZUCHRI ABDUSSAMAD, S.I.K, M.Si / 0016026604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
ABSTRAK
Risnawati Ladji, 2012. ”Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMA Tridharma Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Bapak Dr. H. Zuchri Abdussamad, M.Si dan Bapak Drs. Rusli isa, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kreativitas Mengajar Guru di SMA Tridharma Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik melalu i uji regresi dan uji korelasi. Dari analisa data tersebut di peroleh persamaan regresi dan hipotesis ? = 45,98 + 0,39 X, yang berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel X (Kreativitas Mengajar Guru) maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (Motivasi Belajar Siswa) sebesar 0,39 unit, dengan asumsi kedua variabel linear dan berarti sedangkan pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisien korelasinya r= 0,35 dan koefisien determinasi r2= 0,1225 atau 12,25%. Dalam pengujian keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung lebih besar dari tdaftar (2,17 ? 2,04) dan diluar penerimaan H0. Dengan demikian, dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara kreativitas mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Tridharma Gorontalo. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi, guru harus selalu kreatif dalam kelas untuk membangkitkan semangat siswa dalam pembelajaran sehingga pencapaian tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata Kunci : Kreativitas Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas