Penulis / NIM
SARIP PARABUAT / 911409103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Sarip Parabuat. 911409103. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Resitasi Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X6 Sma Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Uegeri Oorontalo. 2013.
Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran resitasi pada mata pelajaran akuntansi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X6 SMA Negeri 2 Gorontalo?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel input, variabel proses, dan variabel output. Prosedur penelitian terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan pemberian tes. Dan untuk teknik analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian hasil belajar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran resitasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 25 orang dan penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran akuntansi. Data hasil penelitian ini diperoleh dari wawancara kepada guru mata pelajaran, melakukan observasi pada kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan pemberian tes hasil belajar pada akhir pembelajaran. Data hasil penelitian ini menunjukaan bahwa siswa yang memperoleh hasil belajar 75 ke atas meningkat dari 44% hasil observasi awal menjadi 64% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 88% hasil siklus II, dan hasil pengamatan kegiatan guru yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 76,67% siklus I menjadi 100% pada siklus II, selain itu hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat 59,85% siklus I menjadi 100% hasil siklus II. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran resitasi pada mata pelajaran akuntansi kelas X6 SMA Negeri 2 Gorontalo akan meningkat dan dapat terbukti.
Kata kunci : Hasil Belajar, metode resitasi.
Download berkas