Penulis / NIM
HUZAIMA / 911409105
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK
Huzaima Nim 911 409 105 “Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Dra. Irina Popoi, S.Pd, M.Pd dan Radia Hafid, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: “Apakah terdapat pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo?”
Metode Penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif, sampel penelitian berjumlah 55 orang siswa dikelas pada mata pelajaran ekonomi di kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa Dari hasil perhitungan statistik, koefisien determinasi r^2 = 20,53%. Hal ini menunjukkan bahwa Prestasi Belajar Siswa sebesar 20,53% di tentukan oleh Keterampilan dasar Mengajar sedangkan sisanya 79,47% dipengaruhi oleh variabel lain. Selanjutnya untuk daftar distribusi t pada taraf nyata 5% (? = 0,05) di peroleh harga t_hitung telah berada di luar penerimaan H_0, sehingga korelasi di atas benar-benar signifikan.
Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa “Terdapat Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo”, diterima.
Kata Kunci : Keterampilan Dasar Mengajar, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas