Penulis / NIM
JUNIRA HILUMALO / 911409106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. YULIANTO KADJI, M.Si / 0013076704
Pembimbing 2 / NIDN
Hj. IRAWATI ABDUL, SE, M.Si / 0009027402
Abstrak
ABSTRAK
Junira Hilumalo. Nim 911 409 106 Skripsi 2013 “Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Dibawah bimbingan, Prof. Dr. Yulianto Kadji, M.Si selaku Pembimbing I dan Hj. Irawati Abdul, SE, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif, yaitu metode secara sistematis menggambarkan pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karakteristik yang berkaitan dengan penggunaan metode diskusi dan hasil belajar siswa dengan anggota populasi adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Gorontalo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 203 orang dan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 44 siswa.
Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dengan dapat diterimanya hipotesis yang menyatakan bahwa penggunaan metode diskusi berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Bahwa penggunaan metode diskusi mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Variabel penggunaan metode diskusi memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 44%dan sisanya 56% ditentukan oleh faktor-faktor lain baik dari dalam diri siswa maupun diluar diri siswa.
Dalam kegiatan pembelajaran seorang guru hendaknya dapat memanfaatkan metode belajar yang ada dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pendidikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Penggunaan Metode Diskusi, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas