Penulis / NIM
SETYA H. THALIB / 911409107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Drs. ABDUL RAHMAN PAKAYA, M.Si / 0020125810
Pembimbing 2 / NIDN
TINEKE WOLOK, ST.,M.M. / 0023057305
Abstrak
ABSTRAK
Setya Handayani Thalib, 2013. ”Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Terhadap Motivasi Belajar Siswa” (Suatu Penelitian Di SMK Negeri 1 Batudaa)”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Kosentrasi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Dr. Abd. Rahman Pakaya, M.Si dan Ibu Tineke Wolok, ST, MM.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Produktif Akuntansi di SMK Negeri 1 Batudaa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif yakni untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Akuntansi di SMK Negeri 1 Batudaa.
Berdasarkan data dari 52 orang sampel, dengan menggunakan analisis regresi maka hasilnya menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran LCD terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Berdasarkan perhitungan pada lampiran 9 diperoleh thitung = 3,77 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis terima H0 jika t (1 - ½?) < thitung < t (1 - ½?) dengan ? = 0,05, dan dk = n – 2. tdaftar = 2,02 dengan demikian thitung ? tdaftar telah berada diluar penerimaan H0, atau menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi ”terdapat pengaruh positif antara penggunaan media pembelajaran LCD terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif akuntansi di SMK Negeri 1 Batudaa dinyatakan dapat diterima”.
Kata Kunci : Penggunaan Media Pembelajaran LCD dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas