Penulis / NIM
DAHLAN SULEMAN / 911409108
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
MELIZUBAIDA MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0017087805
Abstrak
ABSTRAK
Dahlan Suleman. 911 409 108. 2016. Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Berbelanja di Hy Mart Kota Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dra. Irina Popoi, S.Pd., M.Pd dan Ibu Melizubaida Mahmud, S.Pd., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah produk yang berkualitas, harga, promosi dan lokasi dapat menjadi faktor penentu keputusan pembelian konsumen pada Hy Mart Kota Gorontalo. Dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebar kuesioner kepada responden yang telah memenuhi standar sampel yang telah ditentukan. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata skor untuk indikator Kualitas Produk pada Hy Mart Kota Gorontalo terletak pada kriteria yang Baik dengan rata-rata sebesar 80,00%. Hal ini menunjukan bahwa manajemen pada Hy Mart Kota Gorontalo terus berupaya untuk menjual produk atau barang yang memenuhi unsur-unsur produk yang berkualitas baik. Rata-rata skor untuk indikator Harga Produk pada Hy Mart Kota Gorontalo terletak pada kriteria yang Baik dengan rata-rata sebesar 59,07%. Hal ini menunjukan bahwa harga jual produk yang ditetapkan oleh manajemen pada Hy Mart Kota Gorontalo dirasakan cukup tinggi oleh para pelanggan. Rata-rata skor untuk indikator Promosi pada Hy Mart Kota Gorontalo terletak pada kriteria yang Baik dengan rata-rata sebesar 81,40%. Hal ini menunjukan bahwa manajemen Hy Mart Kota Gorontalo terus berupaya untuk melakukan promosi kepada konsumen terutama melalui media radio.. Rata-rata skor untuk indikator Faktor Lokasi terletak pada kriteria yang sangat baik dengan rata-rata sebesar 78,23%. Hal ini menunjukan bahwa manajemen pada Hy Mart Kota Gorontalo telah berupaya untuk menjadikan Hy Mart Gorontalo menjadi swalayan yang lokasinya dapat menjadi daya dorong dalam menaikan keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci: Produk, Harga, Promosi, Lokasi, Keputusan Pembelian
Download berkas