Penulis / NIM
SUHARTIN HAMZAH ZAKARIA / 911409117
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASNA ANETA, M.Si / 0027125907
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MAHA ATMA KADJI, M.Si / 0013016605
Abstrak
ABSTRAK
Suhartin H Zakaria 2013. Strategi Pemasaran Produk Karawo pada Toko Kerawang Kembang Indah Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Prof.Dr.Hj.Asna Aneta,M.Si selaku pembimbing I dan Drs.Maha Atma Kadji,M.Si selaku pembimbing II
Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung meneliti pada Toko Kerawang Kembang Indah untuk mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis data yaitu analisis domain, taksonomi, dan analisis tema dimana hasil yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dikaitkan dengan teori-teori yang relevan.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah Karawo merupakan salah satu bentuk industri usaha kecil yang bergerak dibidang sulaman karawo bentuk baju wanita/pria, kipas-kipas, taplak meja,mukena, sapu tangan dan lain-lain. Sedangkan strategi pemasaran adalah “wujud rencana yang terarah untuk memperoleh hasil yang optimal”. Strategi pemasaran produk karawo lebih banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain dari faktor produk, harga, distribusi dan promosi yang dilakukan oleh Toko Kerawang Kembang Indah. Faktor lain adalah makin banyaknya pesaing yang menjual produk karawo dan banyak desain baru dan trend produk yang muncul dikalangan masyarakat sehingga adanya kecenderungan masyarakat/pembeli untuk mengikuti trend yang ada, serta adanya peningkatan ekonomi masyarakat Gorontalo secara umum.
Kata kunci : Karawo, Strategi dan Pemasaran.
Download berkas