Penulis / NIM
TRIS ASRAVONI JHONNY M. NOOR / 911409127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
HAIS DAMA, SE, M.Si / 0005037306
Pembimbing 2 / NIDN
MOHAMMAD AGUSSALIM MONOARFA, SE, MM / 0017088001
Abstrak
ABSTRAK
Tris Asravoni J.M. Noor, 2013. ”Pengaruh Media Pembelajaran LCD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMA Tridharma Gorontalo”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Hais Dama, SE., M.Si dan Bapak Moh. Agussalim, SE., MM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran LCD di SMA Tridharma Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis secara statistik melalui uji regresi dan uji korelasi. Dari analisa data tersebut di peroleh persamaan regresi dan hipotesis ? = 47,02 + 0,34X, yang berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel X (Media Pembelajaran LCD) maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (Motivasi Belajar Siswa) sebesar 0,34 unit, dengan asumsi kedua variabel linear dan berarti sedangkan pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisien korelasinya r = 0,34 dan koefisien determinasi r2 = 0,1156 atau 11,56%.
Dalam pengujian keberartian koefisien korelasi diperoleh thitung lebih besar atau sama dengan tdaftar (2,11 ? 2,04) dan diluar penerimaan H0. Dengan demikian, dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif antara media pembelajaran LCD terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Tridharma Gorontalo. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi, guru harus selalu menggunakan media pembelajaran dalam kelas untuk membangkitkan semangat siswa dalam pembelajaran sehingga pencapaian tujuan pembelajaran dapat tercapai
Kata Kunci : Media pembelajaran LCD dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas