Penulis / NIM
ADRIAN ADAM / 911409131
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
RAFLIN HINELO, S.Pd.,M.Si / 0018067304
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Adrian Adam 911 409 131. 2013, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray) Pada Mata Kewirausahaan Di Kelas X ADP2” Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Perkantoran Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Raflin Hinelo S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Bapak, Agil Bahsoan S.Ag, M.Ag Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada Mata pelajaran Kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X ADP2 SMK Negeri 1 Limboto.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. objek penelitian berjumlah 30 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa.
Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: hipotesis penelitian yang berbunyi: jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada mata pelajaran Kewirausahaan, maka hasil belajar siswa di kelas X ADP² SMK Negeri 1 Limboto meningkat dapat dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 43.33% hasil observasi awal menjadi 63.33% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 83.33% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 63.33% siklus I menjadi 93.33%. pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik dan baik meningkat 73.91% siklus I menjadi 91.31hasil siklus II.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray
ABSTRACT
Adrian Adam 911 409 131. 2013, Increasing Student’s Achievement through the Applying of Cooperative Learning Model of Two Stay Two Stray Type at Entrepreneurship Subject of the First Grade ADP2. Skripsi. Office Education Major, Study Program of Economics Education, Department of Economics Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Gorontalo. The principal supervisor was Raflin Hinelo S.Pd, M. Si and the co-supervisor was Agil Bahsoan S.Ag, M.Ag.
The implementation of this research was based on the problem statement whether student’s achievement of first grade in SMK N 1 Limboto increased through the applying of two stay two stray type at entrepreneurship subject or not.
The research methodology applied was classroom action research. Subject of research was 30 students. Variable of research consisted of input, process, and output. Research steps consisted of planning, implementing, observing, and reflection. Data collection was observation sheet in assessing teacher’s activity, student’s activity, and test of measuring student’s achievement. Data analysis was conducted quantitatively for every cycle of learning where there was teacher’s activity, student’s activity and student’s achievement.
The hypothesis was considered to increase regarding to student’s achievement of applying two stay two stray type at entrepreneurship subject as the following data showed: 1) students who gained minimal point of 75 increased from 43,33 % in the initial observation to 63,33 % in the first cycle and increased to be 83, 33 % in the second cycle, 2) good and best category of teacher’s activity increased as the first cycle 63, 33 % to 93, 33 % in the second cycle, and 3) observation on student’s activity to be categorized good and best increased 73, 91 % in the first cycle and 91, 31 % in the second cycle.
Keywords: student’s achievement and cooperative learning model of two stay two stray type
Download berkas