SKRIPSI

Penulis / NIM
NURDIN DUNGGIO / 911409132
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Nurdin Dunggio Nim 911 409 132 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Kelas X THP-1 SMK Negeri 1 Limboto”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Meyko Panigoro, S.Pd,M.Pd dan Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: “apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas X THP-1 SMK Negeri 1 Limboto?” Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sampel penelitian berjumlah 29 orang siswa dengan 22 orang laki-laki dan 7 orang perempuan di di Kelas X THP-1 Pada mata pelajaran kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II. Berdasarkan kegiatan observasi kegiatan guru dan siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Untuk observasi kegiatan guru mengalami peningkatan sebesar 6,69% yaitu dari 86,67% mejadi 93,33%, untuk observasi kegiatan siswa mengalami peningkatan sebesar 7,69% yaitu dari 84,62% menjadi 92,31%. Selanjutnya untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kegiatan observasi awal ke siklus I sebesar 24,13% yaitu dari 48,28% menjadi 72,41% pada siswa yang mendapat nilai ? 75. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa pula terjadi pada kegiatan siklus I ke siklus II sebesar 13,79% siswa yang mendapat nilai ? 75 yaitu dari 72,41% menjadi 86,21% dengan nilai rata-rata kelas dari 70,14 menjadi 88,10. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “Jika digunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada mata pelajaran kewirausahaan, maka hasil belajar siswa di Kelas X THP-1 SMK Negeri 1 Limboto akan meningkat”, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Hasil Belajar Siswa. ABSTRACT Nurdin Dunggio, NIM 911 409 132 “Increasing Student’s Learning Achievement through Make a Match Cooperative Learning Model on Entrepreneurship subject on 10th Grade THP-1 of SMK Negeri 1 Lomboto”. Economics Education Study Program, Department of Economics Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negera Gorontalo. The Principal Supervisor was Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd and The Co-supervisor was Radia Hafid, S.Pd, M.si. This research was conducted based on the problem identification whether or not the use of Make a Match cooperative learning model on Entrepreneurship subject can increase student’s learning result on 10th grade THP-1 of SMK Negeri 1 Limboto. This research was conducted based on the problem identification whether or not the use of Make a Match cooperative learning model on Entrepreneurship subject can increase student’s learning result on 10th grade THP-1 of SMK Negeri 1 Limboto. This research was a Classroom Action Research with 29 students as a sample. It consisted of 22 male students and 7 female students on Entrepreneurship subject on 10th Grade THP-1. Based on the result, this classroom action research consistend of two cycles; cycle 1 and cycle 1 and cycle 2. Teacher and student’s observation activity increased from cycle 1 to cycle 2. Teacher and student’s observation activity increased from cycle 1 to cycle 2. Teacher and student’sdudent’s observation activity increased from cycle 1 to cycle 2. Teacher’s observation activity increased as high as 6,69% from 86,67% to 93,33%. Student’s observation activity increased as high as 7,69% from 84,62% to 92,31%. Student’s learning result also increased from the beginning of observation to the cycle 1 as high as high as 24,13% from 48,28% to 72,41% on students who got ? 75. Student’s learning results also increased on cycle 1 to cycle 2 as high as 13,79%. The students who got ? 75 increased from 72,41% to 86,21%, with the class average grade from 70,14 become 88,10. Therefore, the action hypothesis “the make a match cooperative learning model can increase student’s learning result on Entrepreneurship subject on 10th Grade THP-1 of SMK Negeri 1 Limboto’ is proved and accepted. Key Words: Make a Match Cooperative Learning Model, Student’s Learning Achievement.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011