SKRIPSI

Penulis / NIM
SULASTRI LIANDO / 911409135
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK SulastriLiando. 911409135“Meningkakan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penggunaan model pembelajarankooperatiftipePicture And Picture Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi.Konsentrasi Pendidikan Perkantoran, Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Hamzah Yunus., M.Pd dan Pembimbing II Ibu Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango akan meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian berjumlah 29 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan tes. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian prestasi belajar. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: Jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tipePicture And Picture Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolang, maka hasil belajar siswa dapat meningkat. dapat diterima karena didukung dengan hasiltindakandan analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 20% hasil observasi awal menjadi 41.38%(12 orang) hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 51.74%(15 orang) hasil siklus II, selanjutnyameningkatlagimenjadi 82.76%(24 orang)siklus III. 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 43.33 (13 orang) siklus I menjadi 60% (18 orang) pada siklus IImenjadi 83.33% (25 orang)padasiklus III, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat38.47% (10 orang)padasiklus I,57,70% (15 orang) siklus II menjadi 80.77% (29 orang) hasil siklus III. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011