SKRIPSI

Penulis / NIM
YOLANDRA PONGOLIWU / 911409136
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IMRAN ROSMAN HAMBALI, S.Pd., SE., MSA / 0023087004
Pembimbing 2 / NIDN
BADRIYYAAH DJULA, S.Pd, M.Pd / 0016087003
Abstrak
Yolandra Pongoliwu, Nim: 911409136, Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Tolinggula. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Bapak Imran R. Hambali, S.Pd, S.E, M.SA dan Pembimbing II Ibu Badriyyah Djula, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah: "Apakah Terdapat Pengaruh Metode Pemberian Tugas Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Tolinggula.?". Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 72 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah persamaan regresi yaitu Ỳ = 24.05 + 0.65X. Hal ini berarti setiap terjadi perubahan sebesar satu unit variabel X (Metode Pemberian Tugas), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (Aktivitas Belajar Siswa) sebesar 0,65 dan ini berari setiap terjadi perubahan pada indikator metode pemberian tugas, maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata indikator aktivitas belajar siswa di SMP Negeri 1 Tolinggula. (2) pengujian linieritas persamaan regresi diperoleh harga Fhitung = 0.96 sedangkan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh Fdaftar = 1.74. Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari harga Fdaftar, sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi hasil perhitungan data penelitian ini berbentuk linier.(3) pengujian keberartian atau signifikan persamaan regresi diperoleh harga Fhitung =27.43 dan dari daftar distribusi frekuensi diperoleh harga Fdaftar = 3.98. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pemberian tugas terhadap aktivitas belajar siswa. (4) Metode pemberian tugas dalam proses pembelajaran memberikan kontribusi terhadap aktivitas belajar siswa sebesar 28.09% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain seperti kreativitas mengajar guru, motivasi belajar siswa dan variable lainya. Kata Kunci :Metode Pemberian Tugas, Aktivitas Belajar Siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011