Penulis / NIM
YULAN DAMA / 911409137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
HAIS DAMA, SE, M.Si / 0005037306
Abstrak
ABSTRAK
Yulan Dama, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Unuversitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hamzah Yunus, M.Pd dan Pembimbing II, Hais Dama, SE, M.Si.Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo. Peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan kontekstual (contextual teaching learning) dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X ATPH 1 yang dilihat dari sebagian hasil belajar siswa sudah baik.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas X ATPH 1 SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo. Dengan subjek penelitian 33 orang, 18 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalan 2 siklus, dan istrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Pengamatan Kegiatan Guru, lembar pengamatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Hasil siklus I yang mencapai ketuntasan sebesar 66,67% atau 22 siswa dengan rata-rata kelas 73,79 dan siklus II mencapai ketuntasa sebesar 84,84% atau 28 siswa dengan rata-rata kelas 80,61. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan kontekstual (contextual teaching learning) Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X ATPH 1 SMK Gotong Royong Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), dan Hasil Belajar.
?
ABSTRACT
Yulan Dama, 2013. Increasing Student’s Achievement through Contextual Teaching and Learning on Entrepreneurship Subject in SMK Gotong Royong Telaga of Gorontalo District. Skripsi. Major of Office Administration, Study Program of Economics Education, Department of Economics Education, Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Gorontalo. The principal supervisor was Dr. Hamzah Yunus, M.Pd and the co-supervisor was Hais Dama, SE, M.Si.
This research aimed to understand the increase of student’s achievement through contextual learning approach on entrepreneurship subject in SMK Gotong Royong Telaga of Gorontalo district. The increase was categorized to be good.
This research was clarified to be classroom action research. Subject of the research was 33 students consisted of 18 males and 15 females. The research was undertaken in 2 cycles and the instrument were observation sheet of teacher’s activity, observation sheet of students, and student’s achievement analysis. The result of the first cycle reached 66,67 % for 22 students in class average 73,79 for completeness and the second cycle reached 84,84 % for 28 students in class average 80,61. To conclude the research result, the implementation of contextual teaching and learning on entrepreneurship subject can increase student’s achievement of the first grade ATPH, SMK Gotong Royong Telaga, Gorontalo District.
Keywords : Contextual Teaching and Learning Approach, and Student’s Achievement.
Download berkas