Penulis / NIM
LISMAWATI MOHAMAD / 911409140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
Lismawati Mohamad. 911409140, “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Dan STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo”, dibawah bimbingan Meyko Panigoro, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing 1 dan Agil Bachsoan, S.Ag, M.Ag selaku pembimbing 2. Jurusan Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2013.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan teknik tes sebagai alat untuk mengukur perbandingan hasil belajar kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu melalui uji kesamaan dua rata-rata atau t-test.
Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa “terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 2 Gorontalo”.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Student Teams Achievement Division (STAD).
Download berkas