SKRIPSI

Penulis / NIM
ISMAIL MANOPPO / 911409149
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
IRWAN YANTU, S.Pd., M.Si / 0020107305
Pembimbing 2 / NIDN
HERWIN MOPANGGA, SE, M.Si / 0024037803
Abstrak
ABSTRAK Ismail Manoppo 911409149. 2014." Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Di Kelas XI IPS pada MA Al-Hidayah Duminanga, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan" Skripsi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Irwan Yantu S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Herwin Mopangga SE., M.Si. Peneltian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inside-Outside Circle Dikelas XI IPS MA Al-Hidayah Duminanga, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas, subyek penelitian berjumlah 28 orang. Variabel penelitian teerdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan instrumen penelitian berupa observasi, evaluasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif serta menggunakan kriteria penilaian prestasi hasil belajar. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hipotesi yang berbunyi: "jika guru menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) pada kelas XI di MA Al-Hidayah Duminanga maka hasil belajar akan meningkat, dapat diterima karena didukung dengan hasil belajar siswa yang meningkat pada tahap observasi awal hasil belajar hanya 39,28% setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 64,29% dan meningkat lagi setelah dilakukan siklus II menjadi 82,14%. Hasil pengamatan kegiatan guru juga meningkat dari 70,59% pada siklus I menjadi 94,12% pada siklus II. Hasil pengamatan kegiatan siswa juga meningkat dari 71,43% pada siklus I menjadi 85,72% pada siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar, Inside Outside Circle, Ekonomi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011