SKRIPSI

Penulis / NIM
PRATIWI PANIGORO / 911409153
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ISMET SULILA, S.E., M.Si / 0018037802
Abstrak
ABSTRAK Pratiwi Panigoro, Nim: 911 409 153. " Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi". Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Hamzah Yunus, M. Pd dan Dr. Ismet Sulila, SE, M.Si. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode diskusi pada mata pelajaran pengantar akuntansi di kelas X AP-2 SMK Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode diskusi pada pelajaran pengantar akuntansi di kelas AP-2 SMK Negeri 1 Gorontalo. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, variabel proses dan variabel output. Objek berjumlah 35 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa serta tes hasil belajar yang dilakukan secara siklus. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis tindakan yang dikemukakan " jika digunakan metode diskusi pada mata pelajaran pengantar akuntansi kelas X AP-2 di SMK Negeri 1 Gorontalo maka akan menunjukkan peningkatan hasil belajar pada kelas tersebut". Hipotesis diterima karena 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 7,9 meningkat dari 42,85%, saat observasi menjadi 60.00% siklus I dan meningkat lagi menjadi 80,00% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk katagori sangat baik dari 23,52% pada siklus I menjadi 70,5% pada siklus II, 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk katagori sangat baik dan meningkat dari 37,5% pada siklus Imenjadi 75% pada siklus II. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisa untuk memperoleh rata daya serap siswa guna mengetahui ketuntasan hasil belajar. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa dan Penggunaan Metode Diskusi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011