Penulis / NIM
NOFAN EFENDI MOKODOMPIT / 911409154
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Ir. SYARWANI CANON, M.Si / 0024076506
Pembimbing 2 / NIDN
HERWIN MOPANGGA, SE, M.Si / 0024037803
Abstrak
ABSTRAK
Nofan Efendi Mokodompit. 2016. "Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batudaa Kabupaten Gorontalo". Skripsi. S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. Syarwani Canon, M.Si (II) Herwin Mopangga, SE. M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batudaa Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian hasil yang di peroleh dari status sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh postif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terbagi dalam 2 kelas yang berjumlah 45 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dari status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dengan diterimanya hipotesis yang menyatakan bahwa stastus sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Gorontalo. Naik turunya Y 60,5% dapat dijelaskan oleh X. sedangkan sisanya 39,5% yang tidak terdevinisikan dalam penelitian ini dapat dijelaskan variable lainya.
Kata Kunci : Status sosial ekonomi orang tua, prestasi belajar siswa
Download berkas