SKRIPSI

Penulis / NIM
MUSRIFA ALBAKIR / 911409160
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. H. ROSMAN ILATO, M.Pd / 0023046006
Pembimbing 2 / NIDN
RADIA HAFID, S.Pd, M.Si / 0025047103
Abstrak
ABSTRAK Musrifa Albakir. 911 409 160. 2013, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di kelas VII³ SMP Negeri 6 Gorontalo” Skripsi. Konsentrasi Pendidikan Perkantoran Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. Rosman Ilato, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Radia Hafid, S.Pd, M.Si. Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII³ SMP Negeri 6 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian berjumlah 36 orang. Variabel penelitian terdiri dari variabel input, proses, dan output. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis penelitian yang berbunyi: jika digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran IPS Terpadu maka hasil belajar siswa di kelas VII³ SMP Negeri 6 Gorontalo akan meningkat dapat diterima karena didukung dengan hasil analisis data: 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 41.67% hasil observasi awal menjadi 58.33% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 88.89% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat dari 60.00% siklus I menjadi 93.33% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termasuk pada kategori sangat baik dan baik meningkat 76.93% siklus I menjadi 100% hasil siklus II. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011