Penulis / NIM
LUCY KATILI / 911409168
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN MOONTI, M.Si / 0020115908
Pembimbing 2 / NIDN
AGIL BAHSOAN, S.Ag, M.Ag / 0022117603
Abstrak
ABSTRAK
LUCY KATILI, NIM 911 409 168. "Penggunaan Metode Cooperation Integreted Reading And Composition(CIRC) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi di Kelas X-AK2 SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi. Dibawah Bimbingan Dr. Usman Moonti, M.Si Dan Agil Bahsoan, S.Ag, M.Ag Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo, tahun 2017
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Metode CIRC dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Akuntansi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan yang dijadikan Hipotesis penelitian tindakan ini adalah " jika guru menggunakan Metode CIRC dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Akuntansi, maka hasil belajar siswa pada kelas X-Ak2 SMK Negeri 1 Gorontalo akan meningkat ", dengan indikator penelitian: dimana bila siswa memperoleh nilai atau hasil belajar mengalami ketuntasan yaitu 85 akan meningkat dari 32% menjadi 80%.
Hasil belajar yang belum sesuai dengan yang diharapkan antara lain disebabkan oleh beberapa aspek kegiatan guru, yang belum terlaksana secara optimal pada siklus I. setelah dilakukan perbaikan dan penyempurnaan aspek-aspek kegiatan belajar mengajar, pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan pada hasil pengamatan pelaksanaan siklus II yang menunjukkan bahwa dari 22 siswa dikelas X-Ak2 SMK Negeri 1 Gorontalo tahun 2016/2017 yang dikenai tindakkan memperoleh nilai 85 keatas terdapat 18 orang siswa (81,81%) dengan rata-rata 82,04%. Berdasarkan data analisis nilai yang diperoleh dengan menggunakan Metode CIRC dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Akuntansi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Intergrated Reading and Composition
Download berkas