Penulis / NIM
EKAYANI APTIANINGTIAS / 911409169
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. Hj. SALMA BOWTHA, M.Pd / 0023015604
Pembimbing 2 / NIDN
RUSTAM TOHOPI, S.Pd., M.Si / 0024037905
Abstrak
Ekayani Aptianingtias, NIM: 911 409 169 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Strategi Question Students Have Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Kelas X AP-1 SMK Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dra. Hj. Salma Bowtha, M.Pd (Pembimbing I) dan Rustam Tohopi, S. Pd, M. Si (Pembimbing II).
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah Apakah Penggunaan Strategi Question Students Have pada`mata pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi melalui penggunaan Strategi Question Students Have.
Analisis dan refleksi dalam rangka pengujian hipotesis tindakan dilakukan secara berkesinambungan pada akhir kegiatan dari setiap siklus. Hasil belajar siswa pada siklus I dari 28 orang siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai minimal 65 berjumlah 20 orang atau 71,44%, sedang yang memperoleh nilai kurang dari 65 berjumlah 8 orang atau 28,56%. Dengan demikian perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya karena belum memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 28 siswa yang dikenai tindakan 28 orang atau 100% memperoleh nilai 85 keatas dengan nilai rata-rata 80,92%.
Sebagai kesimpulan dari penelitian adalah hipotesis penelitian yang berbunyi jika digunakan penggunaan strategi question students have, maka hasil belajar siswa kelas X AP-1 SMK Negeri Gorontalo pada mata pelajaran Akuntansi akan meningkat terbukti dan dapat diterima.
Kata kunci : Strategi Question Students Have dan Hasil belajar siswa
Download berkas