Penulis / NIM
HAJRIL ASWAD MURSALI / 911409170
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. IRINA POPOI, M.Pd / 0028026007
Pembimbing 2 / NIDN
ROY HASIRU, S.Pd, M.Pd / 0002027104
Abstrak
ABSTRAK
Hajril Aswad Mursali, 2013. ”Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi (Penelitian Pada Siswa Kelas XI Is SMA Prasetya Kota Gorontalo)”. Program Studi Pendidikan Ekonomi Kosentrasi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Bapak Roy Hasiru, S.Pd M.Pd dan Ibu Dra, Irina Popoi S.Pd, M.Pd.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi Pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI Is SMA Prasetya Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yakni untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kompetensi guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Kelas XI Is SMA Prasetya gorontalo.
Berdasarkan data dari 37 orang sampel, dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana, dengan menggunakan persamaan : ? = a + bX sehingga dari hasil perhitungan persamaan regresi sebagai berikut: ? = 27,40 + 0,50 X. Berdasarkan kriteria pengujian untuk uji linieritas yang telah ditetapkan bahwa Fdaftar diperoleh dari F ? F(1-?) (k-2, n-k) atau F ? F(0,95) (17, 18) = . Ternyata harga Fhitung lebih kecil dari Fdaftar (1,32 ? 2,16), sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi ? = 27,40 + 0,50Xberbentuk linier.
Berdasarkan hasil perhitungan koofisiensi korelasi dan determinasi pada lampiran 9 diperoleh harga r = 0,53 dan harga r2 = 0,2809 (28,09 %). Hal ini berarti bahwa derajat hubungan antara variabel X (kompetensi pedagogik guru) dan variabel Y (motivasi belajar siswa) sebesar 28,96%. Dalam arti bahwa variabel kompetensi guru memberikan konstribusi terhadap variabel motivasi belajar siswa sebesar 28,96% dan sisanya 71,04% ditentukan oleh variabel lain.
Maka hasilnya menunjukan bahwa terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Kompetensipedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa
Download berkas