Penulis / NIM
BAIS KAKILO / 911409172
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HAMZAH YUNUS, M.Pd / 0023026008
Pembimbing 2 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Limboto pada siswa Kelas X ADP 1 dengan metode penelitian tindakan kelas Hipotesis penelitian adalah Jika digunakan model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Number Head Together pada mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan Kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK N 1 Limboto dengan indikator penelitian jumlah peserta didik yang memperoleh hasil belajar 78 keatas akan meningkat dari 12 orang peserta didik atau (60%) menjadi 26 peserta didik (86,67%) dari jumlah 30 orang peserta didik Sebagai simpulan dari penelitian ini adalah telah terjadi peningkatakan hasil belajar peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK N 1 Limboto Hal ini ditunjukkan dengan data sebagai berikut 1) Hasil belajar peserta didik pada siklus I telah meningkat menjadi 60% dari hasil observasi awal dan 2) Hasil belajar peserta didik pada siklus II telah meningkat menjadi 86.67% sehingga dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang di ukur Jika digunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together pada mata pelajaran Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan di Kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK N 1 Limboto, dengan indikator penelitian jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal 78 meningkat dari 60% menjadi 80%.
Kata kunci belajar dan pembelajaran model pembelajaran NHT
Download berkas