Penulis / NIM
PAWZI PANIGORO / 911409179
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN EKONOMI
Pembimbing 1 / NIDN
MEYKO PANIGORO, S.Pd, M.Pd / 0024057903
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. RUSLI ISA, M.Si / 0006076604
Abstrak
Pawzi Panigoro, NIM 911 409 179. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Everyone is Teacher Here pada mata pelajaran IPS Ekonomi dikelas XI IPS-4 SMA Negeri 2 Gorontalo ". Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I,Meyko Panigoro, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II, Drs. Rusli Isa, M.Si.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan rumusan masalah "Apakah penggunaan model pembelaran kooperatif tipe Everyone is Teacher Here, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas XI IPS-4 SMA Negeri 2 Gorontalo ?". tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas XI IPS-4 SMA Negeri 2 Gorontalo.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo, dengan subjek penelitian adalah kelas XI IPS-4 pada tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 27 orang siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) siklus. Variable output dari penelitian ini berupa meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS-4 yang memperoleh nilai 75 keatas pada mata pelajaran IPS Ekonomi dari 59% menjadi minimal 75%.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) siklus, proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada observasi awal dari jumlah 27 orang siswa hanya 59% siswa yang memperoleh hasil belajar tuntas dengan nilai rata-rata diatas 75. Pada saat model pembelajaran dirubah dari ceramah menjadi model pembelajaran Everyone is Teacher Here, hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukan nilai rata-rata kelas 75,7% dan ketuntasan klasikal 59,25%. Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas meningkat 87,96% dan ketuntasan 88,89%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "jika guru menggunakan model pembelajaran Everyone is Teacher Here maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas XI IPS-4 SMA Negeri 2 Gorontalo akan meningkat dan dapat diterima".
Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, dan Model Pembelajaran Everyone is Teacher Here
Download berkas